Mahasiswa ITS Lulus Kuliah Online MIT

Mahasiswa ITS Lulus Kuliah Online MIT (Ilustrasi : Ist.)

Mahasiswa ITS Lulus Kuliah Online MIT (Ilustrasi : Ist.)

JAKARTA - Bagi para peminat jurusan Sistem maupun Teknik Informasi, Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan tempat kuliah idaman. Tidak terkecuali bagi mahasiswa jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Leonika Sari Njoto Boedioetomo.

Leo -begitu panggilan akrabnya- mencicipi beasiswa kuliah pendek di MIT selama satu minggu pada Agustus lalu. Pengalaman berharga tersebut berawal saat dia tengah menjalani kuliah Business Intelligence and Data Warehouses di ITS. Kala itu, Leo diminta menonton video Microsoft Virtual Academy, salah satu situs kuliah online gagasan dari Microsoft.

"Saat itu saya tidak sengaja membuka dashboard dan ada link ke situs Degree.com. Dari situs itu saya menemukan situs kuliah online EdX dan tertarik untuk mendaftarkan diri di bidang kewirausahaan," ujar Leo, seperti dikutip dari ITS Online, Senin (8/9/2014).

Leo mengaku sengaja memilih EdX dari sekian banyak situs kuliah online lainnya. Sebab, situs tersebut didirikan langsung oleh Harvard University dan MIT. Bagi Leo, MIT adalah institusi yang sangat menarik karena memiliki jurusan bisnis terbaik di dunia, meski MIT adalah sekolah teknik.

Selama delapan minggu, Leo menjalani kuliah online di EdX dengan tekun. Dia menilai, kuliah online memberikan berbagai manfaat. "Kita bisa menambah wawasan dengan materi-materi kuliah langsung dari universitas yang populer di dunia," jelasnya.

Dengan kedisiplinannya dalam mengikuti kuliah dan ujian, akhirnya Leo mendapatkan sertifikat langsung dari MIT. Dia menamatkan kuliah online tersebut dengan nilai 67.

"Saya sangat bersyukur karena saya mendapatkan nilai 67 pada ujian akhirnya. Karena untuk mendapatkan sertifikat asli, nilai minimal yang harus dicapai dalam ujian adalah 50," tutur Leo bangga.

(mrg)
Live Streaming
Logo
breaking news x