Meksiko Tangkap Pemimpin Kartel Narkoba

Meksiko Tangkap Pemimpin Bos Narkoba. (Foto: Reuters)

Meksiko Tangkap Pemimpin Bos Narkoba. (Foto: Reuters)

SAN MIGUEL – Pasukan khusus milik Meksiko sudah menangkap seorang pemimpin kartel narkoba. Pria itu bernama Hector Beltran Leyva.

Beltran Leyva ditahan oleh pasukan tentara "tanpa tembakan peringatan". Sebab, dia sedang makan di sebuah restoran makanan laut di kota wisata populer San Miguel de Allende, kata Tomas Zeron, kepala pidana investigasi lembaga kantor jaksa agung federal. Kota ini, di negara bagian Guanajuato, adalah magnet bagi ekspatriat Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Beberapa tes sudah dilakukan untuk memastikan identitasnya. Zeron menambahkan penangkapan berhasil dilakukan setelah melakukan operasi selama 11 bulan. Leyva berusaha untuk tetap low profil agar tidak terdeteksi oleh petugas. Demikian diberitakan Reuters, Kamis (2/10/2014).

Beltran Leyva, dikenal dengan sebutan “The H". Pria 49 tahun diduga menjadi pemimpin sebuah organisasi kekerasan yang telah berjuang dengan kelompok lain di Guerrero dan negara Meksiko. Kelompoknya sering melakukan tindak kejahatan di wilayah kekuasaannya.

Kartel milik Leyva ini telah menjadi prganisasi perdagangan narkoba papan atas selama bertahun-tahun. Seperti banyak orang lain, itu dimulai pada buaian perdagangan narkoba Meksiko, negara bagian Sinaloa, dan keduanya bersekutu dengan dan kemudian disaingi kartel Sinaloa. Namun, kartel Meksiko masih dianggap yang paling penting.

Organisasi kejahatan ini sempat mengalami kesulitan setelah Arturo Beltran Leyva, ditembak mati oleh pasukan khusus Meksiko pada Desember 2009. Penegakan Administrasi Narkoba AS memuji pemusnahan kakak dari Beltran Leyva itu. (hmr)

(rhs)
Live Streaming
Logo
breaking news x