Manfaat Belajar Kelompok

Mengurangi kebosanan dengan belajar kelompok. (Foto: Shutterstock)

Mengurangi kebosanan dengan belajar kelompok. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Bagi pelajar dan mahasiswa, tentunya belajar kelompok sering dilakukan untuk menyelesaikan tugas. Ternyata, banyak manfaat yang diperoleh dari belajar kelompok tersebut.

Dikutip dari How To Study, Rabu (22/4/2015), berikut beberapa manfaat belajar kelompok

1. Meningkatkan motivasi

Sebuah kelompok belajar akan mendukung dan membuat semangat kamu kembali ketika sedang turun. Dorongan ini membuat kamu lebih memiliki motivasi belajar dibandingkan dengan belajar sendirian.

2. Bertanya

Saat di kelas, mungkin kamu enggan untuk menanyakan hal yang belum kamu pahami kepada pengajar. Belajar kelompok akan membuatmu lebih leluasa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum kamu pahami saat di kelas.

3. Meningkatkan komitmen

Komitmen belajarmu bisa lebih ditingkatkan saat melakukan belajar kelompok. Hal ini disebabkan kamu tidak ingin mengecewakan teman-teman sekelompokmu jika tidak turut berpartisipasi dalam kerja kelompok.

4. Saling mendengarkan

Sesama anggota kelompok akan mendengarkan dan membahas konsep selama sesi belajar dilakukan. Kegiatan semacam ini akan meningkatkan kemampuan pendengaranmu.

5. Saling memahami

Kelompok belajar memungkinkan kita memahami suatu konsep berdasarkan penjelasan anggota lain. Mereka dapat memberikan pencerahan terhadap persoalan yang tidak kamu mengerti sebelumnya.

6. Saling berbagi

Melalui kerja kelompok, sesama anggota dapat saling membandingkan catatan masing-masing. Kegiatan ini berguna untuk saling melengkapi dan mengoreksi jika ada perbedaan informasi.

7. Meningkatkan penguasaan konsep

Mengajarkan dan menjelaskan informasi atau konsep kepada anggota kelompok akan membantumu untuk memperkuat penguasaan terhadap suatu konsep atau informasi tertentu.

8. Menghilangkan kebosanan

Belajar sendiri terkadang sangat membosankan. Namun, dengan belajar kelompok kita dapat berinteraksi bersama anggota kelompok lainnya sehingga membuat belajar lebih menyenangkan. (ira)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x