Paduan Suara Unpad Unjuk Gigi di Eropa

PSM Unpad ikuti festival di Slovenia dan Hungaria. (Foto: PSM Unpad Twitter)

PSM Unpad ikuti festival di Slovenia dan Hungaria. (Foto: PSM Unpad Twitter)

JAKARTA - Mahasiswa Indonesia kembali menunjukkan eksistensinya di kancah internasional. Kali ini, giliran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Unpad yang mengikuti festival luar negeri di benua Eropa, tepatnya Slovenia dan Hungaria, belum lama ini.

Festival bertajuk "Indonesia Kirana" itu terdiri atas dua acara, yaitu kompetisi paduan suara 13th International Choral Competition Gallus-Maribor di Slovenia dan Konser Kebudayaan di Hungaria. Untuk mengikuti kedua acara tersebut, PSM Unpad harus mengikuti kompetisi di Slovenia terlebih dahulu sebelum bertolak ke Hungaria untuk menggelar konser kebudayaan dalam rangka peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Hungaria.

Pada kompetisi di Slovenia, PSM Unpad melawan kelompok paduan suara terkenal, seperti kelompok East Carolina University Singer dari Amerika Serikat, Maska Youth Choir dari Latvia, serta New Dublin Voices dari Irlandia. Meskipun belum mampu maju ke babak Grand Prix, paduan suara yang beranggotakan 42 orang delegasi ini patut bangga. Pasalnya, PSM Unpad menjadi satu-satunya wakil dari Asia dalam kompetisi tersebut.

Usai mengikuti kompetisi di Slovenia, PSM Unpad kembali tampil spektakuler di Konser Kebudayaan Hungaria. Hal tersebut dibuktikan oleh sambutan meriah dari penonton yang menikmati konser. Dilansir dari laman Unpad, Senin (27/4/2015), penampilan selama satu setengah jam itu mampu membuat lebih dari 700 penonton terpukau selama pertunjukan.

Konser di Hungaria dilakukan di dua tempat, yakni di Gedung Bartakovics Béla Közösségi Ház, Eger dan di Cultural House, Miskolc pada hari berikutnya. Dalam kesempatan tersebut, PSM Unpad menampilkan sejumlah lagu daerah, seperti Bungong Jeumpa dari Aceh, Percoma dari Jawa Barat, dan Marencong-rencong dari Sulawesi Selatan.

Tak hanya lagu daerah, kelompok paduan suara yang baru saja menyandang The Grand Champion pada kompetisi paduan suara 2nd ITB International Choir Competition (IICC) pada Februari lalu ini juga menampilkan beberapa kesenian, seperti Tari Saman, Pencak Silat, dan Tari Mojang Priangan. Setelah penampilannya, setiap delegasi kemudian mendapat kehormatan dari Duta Besar Hungaria untuk menyelenggarakan konser serupa di tahun depan dengan target untuk empat kota. (ira)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x