Image

Jangan Diam Lihat Bullying di Sekolah!

Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

Ilustrasi Foto: dok. Okezone.

JAKARTA - Selama sekolah, pasti kamu pernah melihat tindakan ledek-meledek di antara siswa. Bahkan, beberapa pernah melihat secara langsung tindakan bullying yang diakukan suatu kelompok siswa terhadap siswa lainnya.

Bullying merupakan tindakan yang memberikan dampak negatif, baik bagi korban juga pelakunya. Oleh karena itu, jangan hanya diam ketika melihat bullying. Dilansir melalui Buku Panduan Melawan Bullying oleh Komunitas anti-bullying Sudah Dong, berikut sikapmu yang seharusnya saat melihat bullying.

1. Jangan diam

Ketika melihat bullying jangan takut untuk melapor atau minta bantuan. Jangan cuek saja karena tindakan bullying berbahaya, bahkan bisa menimbulkan korban.

2. Cobalah untuk melerai dan mendamaikan

Kalau korban dan pelaku bullying sama-sama temanmu, cobalah bertindak sebagai penengah. Dalam melerai tetaplah netral tanpa membela salah satu di antara mereka.

3. Beri dukungan

Korban bullying membutuhkan dukungan untuk mengembalikan kepercayaan dirinya. Di samping itu, hal lain yang bisa kamu lakukan, yakni menuntunnya untuk bertindak positif.

4. Bicara dengan orang terdekatnya

Pada poin ini, utamakan untuk bicara dengan orang terdekat pelaku bullying. Hal ini agar mereka bisa memberikan perhatian dan pengertian pada pelaku bahwa tindakan mem-bully orang lain itu tidak benar.

5. Laporkan kepada pihak berwenang

Jika bullying terjadi di sekolah, salah satu pihak yang bisa kamu lapori adalah kepala sekolah dan guru. Hal ini bertujuan supaya masalah bullying bisa ditangani secara serius, sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi orang lain.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x