Image

Akreditasi Internasional, UMY Jadi Kampus Kelas Dunia

UMY raih akreditasi internasional. (Foto: Dok. UMY)

UMY raih akreditasi internasional. (Foto: Dok. UMY)

JAKARTA - Setiap perguruan tinggi pasti mengupayakan kualitas terbaik bagi mahasiswanya. Salah satu caranya, dengan meraih akreditasi internasional.

Belum lama ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil mendapatkan bintang lima pada akreditasi internasional berdasarkan audit QS (Quacquarelli Symond). Ketua tim audit QS UMY, Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc. menjelaskan, kelima bintang itu diraih pada Fasilitas, Sosial, Tanggungjawab, dan Inklusivitas. QS sendiri merupakan sebuah lembaga akreditasi internasional terkemuka pada bidang pendidikan bermarkas di London.

"Butuh tiga tahun untuk meraih penghargaan tersebut. Hasil audit QS tersebut menunjukkan bahwa UMY saat ini sudah terakreditasi internasional dan diakui dalam daftar universitas rangking global di dunia," ujar Achmad, seperti dinukil dari laman UMY, Jumat (25/12/2015).

Hasil audit, kata Achmad, menunjukkan bahwa UMY telah memiliki fasilitas lengkap untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman serta memberi kepuasan pada mahasiswaya. Predikat bintang lima pada inklusivitas memperlihatkan bahwa UMY tidak eksklusif pada golongan tertentu melainkan terbuka terhadap semua strata sosial dan ekonomi.

"Prestasi ini dicapai melalui indikator ketersediaan beasiswa, akses untuk orang cacat, keseimbangan gender dan mahasiswa dari keluarga miskin," imbuhnya.

Tidak hanya pada lima bidang tadi, UMY juga meraih empat bintang pada bidang pengajaran dan tiga bintang pada aspek daya serap para lulusan.

"Hal ini dibuktikan dengan data bahwa 84,3 persen lulusan UMY telah diserap oleh lapangan kerja dalam kurun waktu tidak lebih dari 12 bulan. UMY juga menyediakan staf khusus pengembangan karier dan aktif mendatangkan perusahaan untuk melakukan rekrutmen di kampus," ujar Sekretaris tim Audit QS UMY, Dr. Slamet Riyadi. (afr)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x