Hartawan Aluwi Ditangkap karena Permanen Residennya Dicabut

Foto Dok Okezone

Foto Dok Okezone

JAKARTA – Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar mengapresiasi pihak otoritas Singapura karena mencabut permanen residen atau pencabutan warga negara yang bekerja di luar negeri terhadap ‎buronan koruptor Bank Century yang merugikan negara sekira Rp3,11 triliun yakni Hartawan Aluwi.

"‎Atas dasar hasil koordinasi kita, di mana kita ketahui keberadaannya di Singapura, sehingga pemegang otoritas Singapura mencabut permanen residen yang dimiliki bersangkutan dan dicabut sekira Februari 2016, artinya tidak diperpanjang lagi oleh Pemerintah Singapura," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

(Baca juga: Tim Pemburu Koruptor Tangkap Buronan Kasus Century Hartawan Aluwi)

Mantan Kapolda Banten ini menambahkan, saat mengetahui permanen residen Hartawan Aluwi telah dicabut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pemegang otoritas negara bekas jajahan Inggris tersebut.

"Ada beberapa instansi, termasuk jajaran imigrasi, dan pada akhirnya dengan status tidak dimilikinya permanen residen, berarti dari aspek kewarganegaraan dapat dikatakan ilegal. Hasil koordinasi antara petugas kita yang terus berada di sana, sehingga kemarin yang bersangkutan berhasil dipulangkan ke Indonesia. Jadi, dukungan pejabat Imigrasi dan pemegang otoritas lainnya yang bersangkutan dapat dipulangkan ke Jakarta," imbuhnya.

(Baca juga: Buronan Kasus Century Hartawan Aluwi Sudah Berada di Bareskrim Mabes Polri)

Saat dipulangkan, kata Boy, petugas Bareskrim juga berada di pesawat bersama otoritas Singapura. Ia memastikan, Hartawan Aluwi dalam keadaan diborgol saat dibawa menuju Indonesia.

"‎Petugas Bareskrim ikut di dalam pesawat secara bersama-sama. Sehingga saat proses keluar dari bandara tadi malam sudah dalam pengawalan petugas kita. Saat ini yang bersangkutan telah berada di Rutan Bareskrim sejak tiba pukul 10.30 WIB. Yang bersangkutan dibawa dalam keadaan diborgol," tandasnya.(gun)

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x