facebook pixel

Skuter Listrik GESITS Akan Gunakan Baterai Portable agar Praktis

Skuter Listrik GESITS (Foto: Okezone)

Skuter Listrik GESITS (Foto: Okezone)

SURABAYA - Sumber tenaga dari skuter listrik Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS) adalah beterai. Tanpa alat ini skuter tidak akan bisa jalan. Saat ini tim sedang merancang skuter tersebut menggunakan baterai portable agar penggunaannya lebih mudah karena baterai bisa ditukar.

"Menggunakan baterai portable adalah ketika habis bisa diganti. Kemudian baterai pertama di-charge," kata anggota tim skuter listrik GESITS, Grangsang Setyoramadhani, kepada Okezone.

Ia menjelaskan, prototipe GESITS yang diluncurkan pekan lalu menggunakan baterai jenis lithium ion. Baterei ini membutuhkan waktu charging antara 1,5 jam sampai 3 jam sampai full.

Untuk dimensi skuter, panjang 1.910 milimeter, lebar 695 mm, dan tinggi motor 1.110 mm. Sementara beratnya antara 120-150 kilogram.

“Konsumsi 50 km/kWh, sedangkan pemindah daya menggunakan timing belt yang banyak dijual di pasaran. Tujuannya juga untuk pergantian lebih mudah,” tambah Muhammad Nur Yuniarto, ketua tim riset GESITS dari ITS.

GESITS mengguanakan baterai dengan rangkaian serial-parallel lightpen battery 3,7 VDC.

Dalam kondisi baterai full, skuter ini mampu menempuh jarak antara 80 hingga 100 kilometer.

"Langkah selanjutnya adalah uji kelayakan. Tim akan melakukan riset lagi agar GESITS menjadi kendaraan yang nyaman dan aman bagi masyarakat," pungkasnya.

(ton)