Image

826 Petugas Haji Mulai Digembleng di Pondok Gede

Para Petugas Haji Diberikan Pembekalan di Asrama Haji Pondok Gede (Foto: M Syaifullah)

Para Petugas Haji Diberikan Pembekalan di Asrama Haji Pondok Gede (Foto: M Syaifullah)

JAKARTA - Jelang pelaksanaan ibadah haji 1437 H pada Agustus mendatang, sebanyak 826 petugas haji mulai digembleng di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Sedianya mereka yang berasal dari berbagai unsur ini akan ditempa selama 10 hari ke depan.

"Dengan berserah diri kepada Allah dan selalu mengharap ridho-Nya, dengan mengucap bismillahirrahmanirrakhim, maka acara pembekalan pada malam hari ini secara resmi dibuka. Selamat mengikuti pembekalan dan tetap fit, sehat wal afiat, sehingga apa yang kita dapatkan saat pembekalan mampu kita aplikasikan pada waktunya nanti," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (14/6/2016).

Dalam kesempatan ini, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Prof H Abdul Djamil memaparkan bahwa para petugas ini merupakan bagian dari panitia penyelenggaraan ibadah haji (PPIH) Arab Saudi 2016 dari unsur Kemenag, Kemenkes, serta beberapa lembaga lain. Di luar itu masih ada petugas kloter dengan jumlah lima orang per kloter serta personel TNI-Polri.

(Baca: Kemenag Bagi Dua Gelombang Pemberangkatan Jamaah Haji)

"Tahun ini kami tambah petugas dari TNI-Polri untuk mengoptimalkan pelayanan jamaah karena tahun ini akan terjadi peningkatan suhu udara, sehingga perlu petugas untuk melindungi dan melayani jamaah," ulasnya.

Abdul Djamil meyakinkan bahwa para petugas haji merupakan orang-orang terpilih yang telah disaring melalui tahapan seleksi ketat.

"Mereka direkrut berdasarkan tes dan pengalaman yang telah diperlihatkan, ada juga petugas yang direkrut karena profesionalitasnya kita rekrut, seperti dari lembaga pendidikan tata boga Bandung, yang akan menyiapkan katering di Arab Saudi, mulai dari bandara, Madinah dan Makkah. Mereka akan awasi waktu, distribusi, dan konsistensi menu yang harus bercitarasa Indonesia," terangnya.

Mereka ini, ujar dia, selama 10 hari ke depan akan mendapatkan training, disertai penugasan-penugasan personal dan penyusunan SOP serta rencana kerja rasional. "Semoga dengan bekal ini mereka dapat bertugas sebaik-baiknya di Arab Saudi nanti," harapnya.

 

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher dalam kesempatan ini berpesan agar para petugas haji betul-betul melayani jamaah. "Bekerjalah sebagai bagian ibadah, ihsan dalam pelayanan," ujarnya.

Dia pun berbagi tips agar fungsi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan oleh petugas haji dapat terlaksana dengan baik.

"Maka ada enam unsur kerja disitu, yaitu ikhlas, tekuni pekerjaan, sopan, baik sangka karena kemauan banyak, misalkan obat kurang, alat kurang sehingga diperlukan pertahanan psikologis, kemudian istiqomah dan tawakkal. Kalau semua ini dikerjakan insya Allah pahala akan mengalir dalam bentuk kebahagiaan dan kesejahteraan hidup. Selamat bekerja, kerja baik, pulang baik, insya Allah dapat nikmat Allah," pungkasnya.

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x