Menag Berharap Petugas Haji Ikhlas

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Okezone)

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Okezone)

JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap agar 826 petugas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) 1437H/2016 berkinerja baik mengantar calon jamaah haji mabrur sekaligus mendongkrak survei kepuasan penyelenggaraan haji.

"Tahun 2014, survei BPS (Badan Pusat Statistik) angkanya 81,59. Tahun 2015 naik jadi 82,59. Ini tak lepas dari pelayanan petugas. Kita bersyukur angka itu, mendekati 100 persen, tahun ini mudah-mudahan dengan niat ikhlas, berikan yang terbaik, akan naik sebagai indikator," ujar Menag Lukman dalam pembekalan PPIH 1437H/2016 di Asrama Haji Pondok Gede, kemarin malam.

(Baca: Menag Bersyukur Indeks Kepuasan Haji Nyaris Sempurna)

Sebagai amirul hajj (pemimpin rombongan jamaah haji), Menag pun berpesan agar petugas haji bekerja secara profesional dan penuh tanggungjawab didasari keikhlasan. Lantaran yang akan petuga hadapi adalah beribu masalah.

"Dengan lima semangat kerja, yaitu integritas, profesional, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan, negara hadir dalam mengantar jamaah menggapai haji mabrur," lanjut dia.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Prof H Abdul Djamil memaparkan bahwa para petugas ini merupakan bagian dari PPIH Arab Saudi 2016 dari unsur Kemenag, Kemenkes, serta beberapa lembaga lain. Di luar itu masih ada petugas kloter dengan jumlah lima orang per kloter serta personel TNI-Polri.

"Mereka direkrut berdasarkan tes dan pengalaman yang telah diperlihatkan, ada juga petugas yang direkrut karena profesionalitasnya kita rekrut, seperti dari lembaga pendidikan tata boga Bandung, yang akan menyiapkan katering di Arab Saudi, mulai dari bandara, Madinah dan Makkah. Mereka akan awasi waktu, distribusi, dan konsistensi menu yang harus bercitarasa Indonesia," terangnya.

Mereka ini, ujar dia, selama 10 hari ke depan akan mendapatkan pelatihan, disertai penugasan-penugasan personal dan penyusunan SOP serta rencana kerja rasional.

Petugas yang akan layani jamaah haji terbagi dua, yaitu lima petugas yang menyertai jamaah di setiap kloter. Terdapat juga petugas PPIH Arab Saudi yang dimobilisasi untuk tugas pembinaan, pelayanan, dan perlindungan jamaah haji.

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x