33 Calon Jamaah Haji Asal Sumenep Gagal Berangkat

Ibadah Haji (Foto: Ilustrasi)

Ibadah Haji (Foto: Ilustrasi)

SURABAYA – Sebanyak 33 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Sumenep, Jawa Timur gagal berangkat tahun ini. Sebab, mereka tidak melunasi Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahap pertama.

Adapun jadwal pelunasan tahap pertama berlangsung sejak 19 Mei hingga 10 Juni 2016 kemarin. Secara otomatis mereka akan diganti nomor urut yang ada di bawahnya dalam daftar waiting list.

‪Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Abd Aziz, menyatakan ada 33 orang yang tidak melunasi BPIH pada tahap pertama. Secara otomatis mereka tidak bisa berangkat ke tanah suci tahun ini.‬

“Meskipun pelunasan tahap kedua dijadwalkan pada tanggal 20 Juni sampai 30 Juni 2016. Namun, pelunasan tahap kedua dikhususkan bagi CJH yang usia lanjut dan penggabungan suami istri,” ujar Aziz, Rabu (15/6/2016).

(Baca: Menag Berharap Petugas Haji Ikhlas)

Menurut Aziz, nama ke-33 CJH yang gagal berangkat tahun ini akan diganti dengan 20 orang untuk berangkat ke tanah suci, Makkah tahun 2016. Pasalnya, nama mereka memang sudah menjadi cadangan.

“Informasinya untuk jamaah asal Sumenep akan masuk pada kloter pertama. Di mana dijadwalkan jamaah akan masuk ke asrama haji, Surabaya pada 8 Agustus. Total kuota untuk Sumenep sebanyak 459 jamaah,” tukasnya.

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x