Astaga, Masa Tunggu Keberangkatan Haji Capai 35 Tahun

Foto: Reuters

Foto: Reuters

JAKARTA - Masa tunggu keberangkatan calon jamaah haji (calhaj) Indonesia selalu bertambah tiap tahunnya. Tahun ini diperkirakan hingga mencapai 35 tahun.

“Paling lama masa tunggu keberangkatan haji ada di Sulsel, yaitu 32,3 tahun. Itu pun jika dihitung dengan kuota normal, 211 ribu jamaah. Jika dihitung dengan perhitungan kuota dipangkas 20 persen, masa tunggunya bisa jadi 35 tahun,” papar Direktur Pengelolaan Dana Haji Ditjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Ramadlan Harisman dalam pembekalan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2016 di Asrama Haji Pondok Gede, tadi malam.

Adapun wilayah dengan masa tunggu keberangkatan haji paling pendek adalah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, yakni 5 tahun 8 bulan. Ramadlan menggarisbawahi bahwa perhitungan di atas berlaku jika calon jamaah haji mendaftar saat ini.

Selain masa tunggu keberangkatan yang berbeda di tiap wilayah, besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) di tiap embarkasi juga variatif. Patokan BPIH dari pemerintah untuk musim haji 2016 sebesar Rp34.641.304 (USD2.585) dengan kurs Rp13.400.

“Namun dalam praktiknya besaran ini beda-beda di tiap-tiap embarkasi tergantung jarak embarkasi dengan tanah suci. BPIH paling tinggi Embarkasi Makassar Rp38 juta lebih,” ungkap Ramadlan.

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x