Image

Kemenag Patok Target Kepuasan Jamaah Haji 84 Persen

Ilustrasi Haji

Ilustrasi Haji

JAKARTA - Sukses dalam penyelenggaraan ibadah haji selama dua tahun terakhir tak membuat Kementerian Agama jumawa. Perbaikan layanan terus dilakukan untuk meningkatkan kepuasan jamaah haji.

"2016 target kepuasan jamaah haji 84 persen. Mudah-mudahan terlampaui," ujar Sekjen Kemenag Nur Syam di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (14/6/2016).

Survei BPS mencatat indeks kepuasan jamaah haji Indonesia pada 2014 mencapai angka 81,59 persen, angka ini naik pada musim haji berikutnya menjadi 82,8 persen.

Target pencapaian di atas, ujar Nur Syam, utamanya berada di pundak para petugas haji, lantaran sentuhan tangan mereka menjadi variabel dominan. Berikutnya adalah perbaikan layanan transportasi, terutama di Armina.

"Kalau transportasi dari daerah ke embarkasi dan embarkasi ke tanah suci tak ada masalah," ulasnya.

Kehadiran ratusan bus Sholawat untuk mengangkut para jamaah haji diharapkan dapat mengurangi masalah di Armina saat jutaan manusia berkumpul pada waktu bersamaan.

Selanjutnya, sentuhan perbaikan akan difokuskan pada katering jamaah haji, karena asupan ini langsung menyentuh perut jamaah. Dengan asupan gizi cukup, peluang jamaah haji sakit akibat suhu ekstrim akan dapat ditekan.

"Persoalan katering saya yakin akan lebih baik, citarasa disesuaikan dengan selera nusantara," ulasnya.

Adapun persoalan pemondokan haji relatif tidak ada masalah. Pemondokan yang sudah teruji memuaskan pelayanannya akan dipakai kembali pada musim haji ini.

"Sementara pelayanan kesehatan dalam survei terakhir sudah mencapai 90 persen. Raihan yang bagus ini jangan sampai malah turun," pesan Nur Syam, terutama kepada petugas kesehatan.

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x