Antisipasi Kebutuhan Lebaran, Pemkot Bogor Siapkan 40 Liang Kubur

Ilustrasi liang kuburan (Dede/Okezone)

Ilustrasi liang kuburan (Dede/Okezone)

BOGOR - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pemakaman menyiapkan 40 liang lahad untuk mengantisipasi kebutuhan saat hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Kepala UPTD Pemakaman DKP Kota Bogor, Toto Guntoro mengatakan, liang kubur itu nantinya digunakan untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak masyarakat akan pemakaman saat perayaan Lebaran 2016.

"Persiapan liang lahad dibutuhkan untuk mengantisipasi minimnya petugas atau penggali kubur yang libur saat Lebaran," kata Toto, Kamis (16/6/2016).

Ia menambahkan, liang kubur itu juga akan digunakan jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran atau warga yang meninggal karena sebab lainnya.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita juga siapkan ada 10 petugas yang siaga selama 24 jam penuh di masing-masing TPU nantinya," tambah Toto.

Seluruh liang lahad disiapkan di delapan tempat pemakaman umum (TPU) yakni TPU Kayumanis, TPU Blender, TPU Dreded, TPU Cimahpar, TPU Mulyaharja, TPU Situ Gede, TPU Cipaku, dan TPU Gunung Gadung.

"Dimasing-masing TPU disiapkan lima liang lahad jadi total ada 40 lubang. Pembuatan liang lahad sendiri mulai dikerjakan sejak lima hari sebelum hari raya Idul Fitri," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan liang lahat di TPU Kayu Manis yang khusus digunakan untuk anak jalanan, tuna wisma, dan gelandangan yang tidak memiliki identitas saat meninggal dunia.

"Di tahun lalu dari 40 liang lahad yang kita siapkan, hanya ada dua lubang yang terpakai," pungkasnya.

(sal)
Live Streaming
Logo
breaking news x