Ibadah Haji, Kini Muslim Indonesia Harus Tunggu 37 Tahun

foto: ilustrasi

foto: ilustrasi

JEDDAH - Waktu tunggu rata-rata bagi warga Muslim Indonesia untuk berangkat haji ke Arab Saudi kini hingga 37 tahun.

Ketentuan waktu tunggu itu disampaikan Ketua Asosiasi Muslim Indonesia untuk Perjalanan Haji dan Umrah, Joko Asmoro, dalam sebuah acara buka puasa bersama di Konsulat Indonesia di Jeddah.

Menurut Joko, ada 3,2 juta warga Muslim Indonesia masuk dalam daftar tunggu pergi haji. ”Waktu tunggu rata-rata untuk (pergi) haji adalah 37 tahun,” katanya.

”Ini telah meningkatkan permintaan untuk umrah karena lebih murah dan memerlukan waktu tunggu lebih sedikit,” lanjut Joko seperti dikutip Al Arabiya, semalam (22/6/2016).

Joko mengatakan ada 3.500 agen perjalanan di Indonesia. Namun, hanya 668 dari mereka yang berwenang untuk mengurus perjalanan umrah. Sekitar 200 di antaranya telah disahkan oleh Departemen Haji dan Umrah Arab Saudi untuk mengurus perjalanan haji.

Selain itu, ada empat penerbangan yang berwenang membawa jemaah haji dan umrah asal Indonesia.

Joko lebih lanjut mengatakan, ada paket “Haji VVIP”, di mana jemaahnya tinggal di hotel bintang lima. Tapi hanya sekitar 7 persen atau sekitar 17 ribu jemaah haji Indonesia yang tertarik paket tersebut. Biaya paket “Haji VVIP” adalah USD8.000 atau sekitar Rp106 juta.

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x