facebook pixel

Ada Kemungkinan Motor Listrik Italia Pakai Komponen Skuter GESITS

Ada kenungkinan produsen motor listrik Italia Italjet menggunakan produk hasil produksi GESITS (Foto: Okezone)

Ada kenungkinan produsen motor listrik Italia Italjet menggunakan produk hasil produksi GESITS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Selain mengajak produsen sepeda dan sepeda motor listrik Italia, Italjet, untuk memproduksi kendaraan di Indonesia, Garansindo juga menjajaki kerja sama penggunaan komponen pada skuter listrik GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) pada produk Italjet.

Menurut CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah, kemungkinan Italjet menggunakan komponen hasil produksi Garansindo sangat terbuka. Komponen itu juga digunakan pada GESITS. Hal ini akan menjadi kebanggaan tersendiri karena GESITS dikembangkan oleh anak-anak bangsa.

“Kalau sampai Italjet membuat e-bike atau sepeda motor listriknya di sini, tidak menutup kemungkinan kerja samanya akan berlanjut dengan apa yang kami kembangkan di GESITS juga. Artinya, akan ada produk Italjet di luar negeri yang menggunakan modul atau part lain yang digunakan oleh GESITS. Itu sedang kami jajaki saat ini," kata pria yang akrab disapa Memet itu, belum lama ini.

Produk Italjet yang akan diproduksi di Indonesia diekspor ke berbagai negara. Di sinilah ada peluang komponen hasil kerja para ahli Indonesia digunakan di luar negeri oleh merek ternama.

Salah satu komponen yang sedang dikembangkan adalah baterai. Garansindo sedang menjalin kerja sama dengan dua kampus di Indonesia, selain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), untuk pengembangan baterai dan teknologi recycle-nya. Jika berhasil, maka skuter GESITS tidak menggunakan baterai dari Panasonic lagi, melainkan produksi lokal.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil pengujian, daya jelajah GESITS bisa mencapai 80 hingga 100 kilometer untuk sekali pengisian baterai. Pengisian sampai penuh membutuhkan waktu 1,5 sampai 3 jam. GESITS mampu mencapai kecepatan maksimum 100 kilometer per jam. Jika disetarakan dengan produk berbahan bakar bensin maka bisa disandingkan dengan skuter 125 cc.

(ton)