Image

Empat Calon Jamaah Haji Gagal Berangkat

Ilustrasi (Foto: Antara)

Ilustrasi (Foto: Antara)

PALU - Sebanyak empat orang calon haji asal Provinsi Sulawesi Tengah dinyatakan batal berangkat karena tidak melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap II yang waktu pembayarannya pada tanggal 20-30 Juni 2016.

"Hingga hari terakhir tanggal 30 Juni, empat orang tidak melunasi BPIH tahap II, dengan demikian mereka dinyatakan batal menunaikan haji tahun ini," kata Kepala Seksi Sistem Informasi Haji Kanwil Kemenag Sulteng Tri Prihatin di Palu, Sabtu (2/7/2016).

Mereka yang dinyatakan tidak melunasi tahap II itu berasal dari Kota Palu satu orang, Kabupaten Banggai dua orang dan Kabupaten Sigi satu orang. Kekosongan itu nantinya akan diisi oleh cadangan sesuai nomor porsi.

Sebelumnya, pada pelunasan tahap I, sebanyak 176 calon haji yang masuk dalam daftar jamaah reguler dinyatakan batal karena tidak menyelesaikan BPIH, sebagaimana yang sudah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Agama (PMA), mulai tanggal 19 Mei sampai 10 Juni 2016.

"Tidak bisa lagi, mereka dianggap batal tahun ini, jadi diusahakan tahun depan. Masalahnya proses pembuatan paspor sudah sementara jalan," ujar Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sulteng Drs. Muslimin.

Muslimin mengatakan dengan tidak dilunasinya BPIH, keseriusan jamaah dipertanyakan karena informasi pelunasan BPIH itu sudah disosialisasikan dengan baik. "Masalahnya juga ada beberapa jamaah ini yang tidak tahu lagi alamatnya. Kami menganggap tidak ada niat," katanya.

Untuk menutupi jumlah kuota, pihaknya sudah menyiapkan jamaah cadangan sehingga jumlah kuota JCH Sulteng bisa terpenuhi, yaitu sebanyak 1.403 orang.

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x