Daftar Tunggu Haji di Aceh hingga 26 Tahun

BANDA ACEH - Banyaknya masyarakat yang mendaftar untuk melaksanakan ibadah haji membuat daftar tunggu di Provinsi Aceh menjadi 26 tahun. Jumlah ini merupakan ketiga terbanyak setelah Banjarmasin dan Sulawesi Selatan.

Kabid Haji Kementerian Agama Provinsi Aceh, Herman mengatakan, pendaftar haji di Aceh meningkat tajam sejak beberapa tahun terakhir. Menurutnya, membludaknya jumlah pendaftar dipengaruhi kemampuan perekonomian masyarakat Aceh.

"Sekarang kemampuan masyarakat untuk menunaikan haji sudah semakin baik. Makanya daftar tunggu kita sudah sangat lama. Masing-masing daerah punya daftar tunggu yang berbeda-beda, kita (Aceh) ketiga yang paling lama di Indonesia," kata Herman kepada Okezone, Senin (18/7/2016).

Meski begitu, pihaknya meminya agar masyarakat yang sudah mendaftar haji, terlebih bagi daftar tunggu bersisa sepuluh tahun untuk mulai mengetahui tentang tata cara pelaksanaan haji.

"Supaya calon haji lebih paham saat sudah mulai melaksanakan haji nanti. Walaupun ada manasik sebelum diberangkatkan ke tanah Mekkah. Selain itu juga yang sudah masuk daftar tunggu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Karena itu sangat penting," jelas Herman.

Pada musim haji kali ini sedikitnya 3.111 jamaah haji dari Aceh dijadwalkan berangkat ke Mekkah, Arab Saudi untuk melaksanakan rukun Islam kelima bagi umat Muslim. Jumlah tersebut belum termasuk panitia dari daerah maupun pusat.

Keberangkatan haji untuk Aceh nantinya akan berlangsung mulai 10 hingga 17 Agustus 2016 mendatang. Sehari sebelumnya masing-masing kloter terlebih dahulu menginap di asrama haji provinsi. (day)

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x