Ribuan Jamaah Calon Haji Yogyakarta Akan Pamitan ke Sultan HB X

Foto: Illustrasi Okezone

Foto: Illustrasi Okezone

YOGYAKARTA - Sudah menjadi tradisi, ribuan jamaah calon haji asal Daerah Istimewa Yogyakarta berpamitan dengan Gubernur yang juga Raja Kraton Yogyakarta, Sultan Hamengku Buwono X. Rencananya, pamitan calon haji itu dilakukan pada Senin, 25 Juli di Pendopo Kepatihan Yogyakarta.

"Setelah pamitan, tanggal 1 Agustus ada pembekalan di Asrama Haji DIY sebelum pemberangkatan," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Nurudin, Sabtu (23/7/2016).

Menurutnya, jumlah calon jamaah haji tahun ini ada 2.466 orang. Mereka tersebar di empat kabupaten (Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo) serta satu Kota Madya Yogyakarta.

"Yang terbanyak di Sleman, ada 991 jamaah; kemudian Bantul ada 668 jamaah; Kota Yogya ada 368 jamaah; Kulonprogo ada 220 jamaah; dan terakhir dari Gunungkidul 219 jamaah," katanya.

Selain itu, ada tambahan 54 orang petugas yang mendampingi ribuan jamaah calon haji itu. Dari 55 petugas itu ada 35 berasal dari pusat, sementata sisanya 19 orang dari Yogyakarta.

"Ada tujuh kloter (kelompok penerbangan) ke Tanah Suci. Kloter 23, 24, dan 25 dijadwalkan terbang tanggal 18 Agustus. Kloter 26 dan 27 terbang tanggal 19 Agustus, terakhir untuk kloter 28 dan 29 pada tanggal 20 Agustus," katanya.

Dia berharap, seluruh calon jamaah haji yang berangkat agar menjaga kesehatan. Sebab, cuaca di negeri orang tentunya berbeda dengan tanah air.

"Setelah menjalankan serangkaian ibadah haji, mereka dijadwalkan kembali ke tanah air pada 27 September untuk kloter pertama, disusul kloter kedua dan ketiga," tutupnya.

(ful)
Live Streaming
Logo
breaking news x