facebook pixel

Di Tengah Persaingan Mobil Listrik, Audi Justru Kembangkan Kendaraan Nuklir

Audi F-Tron mobil bertenaga nuklir (foto: Inautonews)

Audi F-Tron mobil bertenaga nuklir (foto: Inautonews)

INGOLSTAD – Di tengah krisis minyak bumi yang melanda dunia, banyak produsen automotif terus mengembangkan energi ramah lingkungan dan alternatif, salah satunya mobil energi listrik. Namun, Audi diketahui tengah menembangkan kendaraan bertenaga nuklir.

Bahkan, seperti dikutip dari Inautonews, Rabu (3/8/2016), Audi telah mempersiapkan gambar supercar konsep terbaru yang diberi nama F-Tron sebagai kendaraan pertama yang akan menggunakan teknologi nuklir.

Meski mengakui hasil pengembangan mobil bertenaga nuklir tersebut tidak akan diproduksi massal karena keterbatasan fasilitas infrastruktur, Audi diperkirakan tidak ingin melakukan investasi seperti teknologi hidrogen yang harus membangun infrastruktur dengan investasi besar.

Kendaraan bertenaga nuklir Audi dilengkapi reaktor fusi dan beberapa injektor plasma serta beberapa peralatan pendukung untuk menghasilkan uap melalui panas reaktor. Uap tersebut nantinya akan menggerakan turbin untuk mendorong generator mesin.

Audi sendiri hingga saat ini terus mengembangkan mobil nuklir pertamanya tersebut. Sayangnya, produsen asal Jerman ini masih menutup rapat seluruh informasi tentang mobil nuklirnya.

(ton)