Jika Tersesat, Pastikan Rukun dan Wajib Haji Terlaksana

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Kota-Kota Perhajian di Arab Saudi dipastikan akan dipenuhi jutaan tamu Allah beberapa waktu ke depan. Padatnya jumlah manusia dalam waktu yang bersamaan menimbulkan potensi jamaah tersesat terbuka lebar.

Jamaah yang tersesat, kadang kebingungan bahkan sampai melewatkan rukun dan wajib haji. Hal itulah yang ditakutkan panitia dalam penanganan pelaksanaan haji mendatang.

"Kalau ada yang tersesat, kita panitia haji harus menanyakan apakah rukun dan wajib hajinya sudah dilakukan, apakah tawafnya sudah tujuh kali, apakah sai-nya benar, apakah rukunnya berurutan. Kadang kan karena tersesat banyak jamaah yang memotong rukun haji, biar cepat ketemu rombongan, itu yang kita antisipasi. Pastikan, jika tersesat, rukun dan wajib haji terlaksana," ungkap Kabid Humas Kementerian Agama, Rosidin Karidi, saat diwawancara Okezone, melalui sambungan telefon.

Selain masalah jamaah yang tersesat, pendampingan yang menyeluruh pun dilakukan panitia saat jamaah berangkat ke tanah suci. "Kita lihat dulu, apa memang pakaian ihram-nya sudah sesuai syarat, kadang kan jamaah haji pakai ihram masih pakai celana dalam, itu kan tidak boleh, ya kita peringatkan. Intinya kita sebaik mungkin melayani jamaah haji dari awal sampai akhir," ujar Rosidin.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x