Image

Berangkat Haji di Usia 95 Tahun, Kakek Ambari Rindu Istri

Kakek Ambari dengan bangganya memegang kain ihram untuk naik haji (Foto: Dwi Ayu/Okezone)

Kakek Ambari dengan bangganya memegang kain ihram untuk naik haji (Foto: Dwi Ayu/Okezone)

CIREBON - Kakek Ambari (95), warga Blok Pelandakan, RT 04 RW 07, Kelurahan/Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, harus menahan pilu ketika cita-citanya untuk naik haji bersama sang istri harus dipendamnya dalam-dalam. Hal itu disebabkan takdir yang menggariskan bahwa istri tercintanya harus kembali ke pelukan Illahi.

Ia terpaksa berangkat ke Tanah Suci dengan anaknya. Pasalnya, dua tahun lalu istrinya meninggalkannya untuk selama-lamanya seorang diri di rumah yang sangat sederhana.

Kakek Ambari mesti berjuang seorang diri untuk bisa mewujudkan cita-citanya pergi haji. Usahanya itu dimulai sejak ia berusia 30 tahun dengan mengumpulkan hasil bertaninya yang dipendam di tanah kebun dekat rumahnya.

(Baca Juga: 65 Tahun Pendam Tabungan dalam Tanah, Kakek Ambari Akhirnya Berhaji)

Anak kandung Ambari, Asripah, menyatakan tidak mengetahui pasti bagaimana perjuangan ayahnya ketika mengumpulkan uang untuk pergi ke Makkah. Hal yang ia tahu, ayahnya itu sempat menjual uang zaman dulu yang ia kumpulkan untuk ongkos pergi haji.

"Alhamdulillah kesehatannya baik, meskipun kondisinya harus dipapah ketika ingin melakukan sesuatu, setahun yang lalu sempat dioperasi," ungkapnya, Kamis (4/8/2016).

Namun demikian, ia mengungkapkan masih mempunyai kendala keuangan untuk pegangan mereka selama menjalankan ibadah suci mendatang.

"Yang lain sudah beres, baru dapat baju ihram," tutupnya.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x