Kisah Haji Zakaria, Dimudahkan Mencium Hajar Aswad

SURABAYA – Tidak semua jamaah haji yang pergi ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi bisa mencium hajar aswad. Ini disebabkan banyaknya jamaah dari seluruh dunia berkumpul untuk melakukan tawaf di sana.

Sebagian jamaah juga takut mencium hajar aswad karena khawatir akan keselamatan. Pasalnya, jamaah dengan tubuh besar juga sama-sama berebut ingin mencium hajar aswad.

Namun, ada juga jamaah yang bisa mencium hajar aswad dengan mudah. Bahkan, seakan-akan ada yang menuntun untuk sampai di hajar aswad. Kemudian dia mencium hajar aswad dengan tenang.

“Awalnya saya tidak menyangka bisa mencium hajar aswad dengan mudah. Jika dilihat dari banyaknya jamaah yang luar biasa, dan sama-sama ingin mencium hajar aswad,” terang H Zakaria (51), warga Desa/Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jumat (5/8/2016).

Dirinya memang mempunyai keinginan yang kuat dan yakin bisa mencium hajar aswad. Dengan semangat tinggi dia mencoba mendekat ke hajar aswad dengan harapan bisa mencium.

“Alhamdulillah seakan seperti ada orang yang menuntunnya. Meskipun kondisinya ramai, tapi saya dengan mudah berada di depan hajar aswad. Ketika saya mencium hajar aswad masih dijaga oleh petugas, sehingga saya semakin tenang dan nyaman saat mencium,” paparnya.

Pria yang berangkat haji pada tahun 2005 ini menambahkan, dia berpesan pada jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci supaya menjaga kesehatan dengan baik. Sebab, cuaca Indonesia dengan Arab Saudi sangat berbeda.

‪“Di sana cuacanya sangat panas. Satu kali lagi saya berpesan di sana (mekkah) tidak boleh sombong atau takabur, jika begitu maka akan terjadi sebaliknya. Misal, bilang kalau hanya mencium hajar aswad mudah sekali, tapi ketika dikerjakan malah sebaliknya nanti. Sebab, banyak kejadian seperti itu,” tandasnya.

(ris)
Live Streaming
Logo
breaking news x