Panas Ekstrim, Jamaah Haji Diminta Minum Air Zam-Zam Campur Es

JAKARTA - Gelombang udara panas di Mekkah diharapkan tak melunturkan niat calon jamaah haji dalam beribadah. Guna mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Arab Saudi mempersiapkan air zam-zam beserta es batu untuk mendinginkan tubuh jamaah.

"Kita sudah minta kepada Pemerintah Arab Saudi untuk menyediakan air zam-zam dengan es. Sehingga jika cuacanya cukup parah bisa dipakai untuk mendinginkan (tubuh)," kata Sekjen Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (5/8/2016).

Untung berharap, tak ada hal buruk yang menimpa jamaah haji karena panasnya cuaca di Tanah Suci, seperti heatstroke misalnya. Sebagai informasi, heatstroke adalah kondisi saat suhu tubuh 40°C atau lebih.

(Baca juga: Air Zam-Zam Jadi Oleh-Oleh Favorit Jamaah Haji)

"Karena panas yang luar biasa, organ di dalam tubuhnya itu rusak. Bisa jantung, paru. Semuanya tidak tahan karena panasnya suhu, sehingga dia tidak bisa berfungsi. Kalau tidak berfungsi kan fatal," paparnya.

Dengan adanya air zam-zam yang disertai dengan es tersebut, Untung yakin hal tersebut bisa menanggulangi penyakit mematikan itu.

"Obati dengan air zam-zam sudah cukup baik ya. Mineralnya cukup, kalau didiginkan bisa diminum atau disiramkan ke kepala untuk mendinginkan," tandasnya. (day)

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x