Image

Jamaah Haji Diminta Tak Takut Minum Air karena Malas ke Toilet

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Untung Suseno Sutarjo mengingatkan calon jamaah haji untuk sesering mungkin mengkonsumsi  air mineral selama menjalankan ibadah di Tanah Suci. Hal itu guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyakit heatstroke.

Untung mengaku, terkadang ada saja jamaah yang enggan minum air dengan dalih untuk menjaga kesuciannya atau malas menuju ke kamar mandi.

"Mereka tidak mau minum kadang-kadang (karena) menjaga kesuciannya, atau takut nanti ke toilet. Jadi harus banyak minum, per jam 200 cc paling tidak. Kalau kita di Indonesia minimal 2-3 liter, di sana harus 5 liter," kata Untung di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat (5/8/2016).

(Baca juga: Air Zam-Zam Jadi Oleh-Oleh Favorit Jamaah Haji)

Ia juga mengimbau kepada jamaah untuk bisa menahan hawa nafsu dalam beribadah. Meski menjalankan rukun islam yang kelima bukan sesuatu yang mudah, namun diharapkan para jamaah bisa menahan diri agar tidak membahayakan kondisi kesehatannya.

"Kita sarankan jangan terlalu bernafsu, harus sabar. Ingin beribadah sebanyak-banyaknya. Karena tempat tinggalnya jauh juga, sehingga makan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Jadi jangan pergi keluar kalau lagi panas, kalau kuat masih muda silakan. Kalau sudah berusia, janganlah. Karena makin tua tubuh kita sel-sel itu tidak semuanya (baik)," tutup dia. (day)

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x