Ini Enam Tips Tetap Bugar Saat Berhaji

Foto: Illustrasi Okezone

Foto: Illustrasi Okezone

JAKARTA - Menjaga kesehatan selagi menunaikan ibadah haji di tanah suci amatlah penting. Mengenai kondisi fisik, ada banyak hal yang harus disiapkan para calon jamaah haji mengingat cuaca yang berbeda antara Indonesia dan Arab Saudi.

Dilansir dari english.alarabiya.net, berikut kami sajikan enam tips tetap bugar untuk memastikan ibadah rukun Islam kelima Anda tak terkendala.

1. Pastikan kebutuhan air putih Anda terpenuhi setiap hari dan jauhkan tubuh dari kemungkinan dehidrasi. Karenanya, jangan lewatkan kebutuhan minimal air putih delapan gelas per hari.

2. Bawalah sajadah pribadi Anda. Menggunakan sajadah milik sendiri mencegah penyebaran kuman dari orang ke orang. Hal ini mengingat, ratusan ribu muslim sedunia berkumpul di tempat yang sama sehingga memperbesar kemungkinan penyebaran kuman dan penyakit.

3. Sedia selalu tisu antibakteri. Menjaga tangan Anda tetap steril juga bagian yang penting dalam menjaga tubuh agar tetap fit dan terhindar dari penyebaran kuman.

4. Untuk menambah energi, minum madu secukupnya. Madu alami penuh dengan nutrisi yang membantu Anda tetap bugar bertenaga. Tak hanya itu, madu juga berfungsi sebagai antimikroba alami.

5. Selalu pakai masker. Ingat selalu bahwa mikroba di udara dapat dengan mudah menyebar. Mengenakan Masker yang menutupi hidung dan mulut dapat menurunkan risiko infeksi langsung.

6. Selain mengonsumsi madu, disarankan pula menambahakan minyak oregano dalam kudapan Anda. Mengonsumsi minyak oregano dua hingga tiga tetes per hari akan mensterilkan dan melindungi tubuh dari masuknya mikroba yang masuk langsung ke dalam sistem pernapasan.

Demikian seperti dikutip dari english.alarabiya.net, Senin (8/8/2016). Semoga bermanfaat.

(wal)
Live Streaming
Logo
breaking news x