Menkes Minta Jamaah Haji Perbanyak Minum Air

Foto: Fakhrizal Fakhri

Foto: Fakhrizal Fakhri

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek‎ memberikan gelang dengan tiga warga sebagai tanda pengenal untuk mengetahui tingkat kebugaran dan kesehatan jamaah haji Indonesia.

"‎jamaah haji kami memberikan gelang sebagai tanda dan berwarna merah, kuning dan hijau sesuai dengan tingkat kesehatan dan kebugaran para jamaah," kata Nila di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (9/8/2016).

Nila memastikan asupan gizi dan makanan para jamaah dalam keadaan baik selama melaksanakan ibadah yang menjadi rukun Islam kelima bagi‎ umat muslim. Ia mengimbau para jamaah haji dapat menjaga konsumsi air minum lantaran cuaca Arab Saudi menembus 51 derajat celcius.

"‎Untuk makanan bergizi dan bersih itu akan kami jaga. Dan kami meminta para jamaah untuk tidak makan berlebihan dan yang penting adalah menjaga konsumsi air minum. Terutama di Padang Arafah supaya menjaga kondisi fisiknya," terang Nila.

Kemenkes, lanjut Nila, telah bertemu dengan pihak Kemenkes di Arab Saudi guna berkoordinasi untuk memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan para jamaah haji Indonesia. Pasalnya, pemerintah Indonesia tidak diperkenankan membuka klinik kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji.

"‎Dan kami mengimbau untuk tidak mendekati unta karena adanya kemungkinan penularan penyakit MERS dari air liur unta dan memang untuk menjaga kesehatan itu tidak mudah," lanjutnya.

"Kami juga telah mempersiapkan balai pengobatan dan bila penyakit berat kami telah bekerjasama dengan rumah sakit setempat sebab kami tidak diperkenankan membuka klinik," tutup Nila.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x