Tips Aman Menyimpan Uang Selama Menunaikan Ibadah Haji

Calon jamaag haji mendapat pengarahan sebelum diberangkatkan ke tanah suci (foto: Rus Akbar/Okezone)

Calon jamaag haji mendapat pengarahan sebelum diberangkatkan ke tanah suci (foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG – Kehilangan uang atau barang bisa dialami jamaah haji Indonesia selama di tanah suci dan penyebabnya beragam. Bahkan tidak jarang jamaah yang selama menjalankan ibadah mendapati peristiwa kecopetan atau dirampok.

Karena itu, melalui Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat (Sumbar) Salman K Memet memberikan tips kepada Calon Jamaah Haji (CJH) Kloter I asal Padang, Solok, Kota Solok dan Solok Selatan dalam acara "Sindo Dialog Haji 2016, bertemakan Haji yang aman dan sehat" di Asrama Haji Padang.

(Baca juga: Menteri Agama Lepas Calon Jamaah Haji Kloter Pertama)

“Hati-hati menyimpan uang selama menunaikan haji, sebab di Makkah itu sangat ramai. Jadi bapak-bapak biasanya ada ikat pinggang di sampingnya ada kantong yang dipakai untuk menyimpan uang,” ujarnya, Selasa (9/8/2016)

Untuk aman kata Kakanwil yang disaksikan calon jamaah haji tersebut, membalikan posisi kantong dan ikat pinggangnya di bagian dalam. “Biasanya kan di luar kantongnya, nah untuk aman ikat pinggang itu dibalikkan saja dan kantongnya mengarah ke dalam, sehingga itu aman,” ujarnya.

Namun bagaimana dengan perempuan yang tidak memiliki kantong ikat pinggang, agar uang aman. Seorang calon haji perempuan dalam dialog itu mengatakan kepada Salman, bisa disimpan dalam baju dalam yang memiliki kantong khusus untuk menyimpan uang. “Itulah caranya agar uang aman selama menunaikan haji,” kata Salman.

(amr)
Live Streaming
Logo
breaking news x