Image

Dua Pesan Deddy Mizwar untuk Calon Jamaah Haji

Deddy Mizwar (Foto: Oris/Okezone)

Deddy Mizwar (Foto: Oris/Okezone)

BANDUNG - Musim ibadah haji sudah tiba. Umat muslim asal Indonesia yang akan berangkat ke Tanah Suci pun siap menjadi tamu Allah SWT.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memberi dua pesan bagi para calon jamaah haji. Hal pertama yang harus dilakukan mereka yang belum berangkat adalah mempersiapkan kondisi fisik.

"Ibadah haji ini masalah fisik lebih banyak. Jaga kesehatan," kata Deddy di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (9/8/2016).

Yang kedua, ia mengimbau para jamaah haji menaati segala aturan terkait prosesi ibadah haji. Selain demi menunjang kelancaran ibadah haji, para jamaah menurutnya adalah tamu di Arab Saudi yang harus taat aturan.

"Jangan ngaco. Kan bukan Tanah Air kita di sana," ucapnya.

Disinggung soal cuaca panas di sana, Deddy menyebut itu sebagai hal biasa. Apalagi sejak dulu cuaca di sana memang sangat menyengat dan sangat dingin di waktu berbeda.

"Cuaca panas? Enggak apa-apa, sekarang sudah makin kuat orangnya. Dulu zaman Nabi sudah cuaca panas, enggak ada kendaraan lagi," ungkapnya.

Menurutnya, ibadah haji adalah terkait dengan keimanan. Sehingga umat muslim yang menjalankannya harus memiliki tekad kuat meski ada berbagai persoalan yang menyertai.

"Jadi, keimanan persoalannya. Mau panas, dingin, jauh, dekat, ini masalah keimanan," jelas Deddy.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x