Image

Kiat Mengatasi Cuaca Panas saat Ibadah Haji

foto: istimewa

foto: istimewa

JAKARTA - Suhu udara terasa cukup hangat ketika rombongan petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) daerah kerja Makkah, Arab Saudi, tiba di kota suci itu pada Selasa (9/8/2016) tengah malam.

Alat pengukur suhu yang melekat di hampir setiap telepon pintar menunjukkan angka 37 derajad Celcius.

Suhu yang hangat mengakibatkan tubuh terasa gerah dibalik balutan kain ihram -dua lembar kain tanpa jahitan- yang tidak bisa dibilang tipis. Oleh karenanya aktivitas fisik ringan seperti memindahkan koper pun membuat peluh menetes.

Malam itu para petugas PPIH daerah kerja Makkah memang dijadwalkan langsung melakukan umrah selamat datang begitu tiba di Makkah.

Oleh karena mereka sudah mengambil niat ihram di bandara internasional Jeddah ---miqat bagi jamaah haji yang memasuki Mekkah melalui Jeddah-- maka para petugas itu telah mengenakan ihram dua jam sebelum mereka memasuki kota Mekkah.

Apabila suhu udara menjelang dini hari saja mencapai 37 derajad Celcius, apa kabar dengan suhu di siang hari, saat sebagian besar prosesi haji akan dilaksanakan.

Pantas kiranya jika banyak pihak, mulai dari menteri agama hingga para petugas lapangan, mengkhawatirkan cuaca sebagai batu sandungan kelancaran aktivitas ibadah jamaah haji Indonesia pada musim haji 1437H/2016M.

(amr)
1 / 4
Live Streaming
Logo
breaking news x