Sudah Dijanjikan, Belasan Warga Indramayu Batal Berhaji

Jamaah haji asal Indramayu pasrah batal berhaji tahun ini (Foto: Dwi Ayu/Okezone)

Jamaah haji asal Indramayu pasrah batal berhaji tahun ini (Foto: Dwi Ayu/Okezone)

INDRAMAYU - Belasan calon jamaah haji di Kabupaten Indramayu gagal berangkat meskipun sudah dijanjikan oleh Kalompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Belasan calon jamaah haji ini masuk dalam daftar cadangan, namun diminta melunasi biaya haji dan mengikuti manasik di KBIH terkait.

Seperti yang dialami pasangan suami istri (pasutri) Kastur dan Cartem warga Desa Pegagan, Kecamatan Losarang , Kabupaten Indramayu.

Saat ditemui, Kastur mengaku tidak mengerti apa-apa, ia pun berusaha menuruti semua keinginan KBIH. Ia hanya bisa pasrah dengan keadaan ini.

Kastur menjelaskan ia mendaftarkan diri bersama anak, menantu dan kedua besannya pada 2011 dengan membayarkan uang sebesar Rp 50 juta. Mereka kemudian didatangi KBIH Al Amanah Desa Tugu Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu dan dijanjikan berangkat tahun ini apabila melunasi biaya haji ditambah uang manasik.

"Kami diminta membayarkan sebesar Rp 34 juta. Soalnya pihak KBIH sudah menjanjikan kami berangkat tahun ini meskipun masuknya di daftar cadangan," ungkapnya, Rabu (10/8/2016).

Ia mengikuti rangkaian manasik dan diberikan fasilitas seperti pakaian ihram, seragam, kartu identitas haji dan lainnya, namun mereka justru tak jadi diberangkatkan.

"Para calon haji yang mendaftarkan diri ke KBIH tersebut langsung membayarkan uang pelunasannya ke pemilik KBIH, tidak melalui bank seperti umumnya," pungkasnya.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x