Image

Kisah Mensos Khofifah saat Berhaji

Mensos Khofifah Indar Parawansa (dok. Okezone)

Mensos Khofifah Indar Parawansa (dok. Okezone)

SURABAYA – Tidak hanya masyarakat yang mempunyai cerita dan pengalaman sulit dilupakan saat beribadah haji di Makkah, Arab Saudi. Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, juga mengalami hal yang sama.

Saat ingin pergi ke Arafah Mina, ia sulit mendapat kendaraan karena besoknya wukuf. Jika ada kendaraan, itu pun ongkosnya sangat mahal. Dia bersama suaminya, Indar Parawansa, memilih untuk tidak naik kendaraan tersebut.

“Ya sudah kita berdoa di masjid saja. Belum sampai ke masjid, di bawah ada grup bank (salah satu BUMN) menawarkan kendaraan. Mereka bilang siapa mau ke Arafah, siapa mau ke Arafah,” terang Khofifah pada Okezone di rumahnya, Jalan Jemursari, Surabaya, Senin (15/8/2016).

Ia melanjutkan, dirinya bilang pada grup tersebut bisa ditunggu 5 menit. Akhirnya, ditunggu dan selanjutnya berangkat ke Arafah bersama rombongan grup itu untuk melaksanakan wukuf.

“Saat itu kita hanya menunggu rohman rohimnya Allah, belas kasihannya Allah. Alhamdulillah ada grup (bank BUMN) yang menawarkan ke Arafah. Lalu sore harinya ke Mina, di bawah jembatan ada orang Madura jual rujak cingur, kita beli dan rasanya enak,” ucapnya.

Menurut Khofifah, pengalaman tersebut didapat ketika dirinya bersama sang suami pergi ke Makkah pada 1994. Saat itu Ketua Umum PP Muslimat NU ini masih menjadi anggota DPR RI.

Arafah merupakan kota di sebelah timur Makkah. Kota tersebut juga dikenal sebagai tempat pusatnya haji, yaitu tempat wukuf yang dilaksanakan pada 9 Zulhijah tiap tahunnya. Daerah berbentuk padang luas itu adalah tempat berkumpulnya jutaan jamaah haji dari seluruh dunia.

Sementara Mina merupakan tempat berdirinya tugu jumrah, yaitu tempat pelaksanaan kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan.

(erh)
Live Streaming
Logo
breaking news x