Petunjuk Arah Berbahasa Indonesia di Tanah Suci Mendapat Atensi Khusus

MAKKAH - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengupayakan penyediaan petunjuk berbahasa Indonesia di pemondokan, halte bus, wilayah sekitar Masjidilharam, hingga sekitar area wukuf di Armina (Arafah, Muzdaifah, Mina) demi memudahkan para jamaah.

“Berkaitan dengan petunjuk berbahasa Indonesia. Ini sudah kami sampaikan, bahkan Menag secara khusus sampaikan ke Menteri Haji bahwa kita ini jamaah terbesar, bahkan jamaah umrah terbesar nomor 4 atau 5. Artinya, di setiap tempat ada jamaah haji kita,” papar Kadaker Makkah Arsyad Hidayat menjawab pertanyaan dari anggota DPD yang bertandang ke Makkah untuk mengawasi persiapan pelaksanaan ibadah haji, Senin (15/08/2016).

Bukti bahwa jamaah haji asal Indonesia cukup besar, kata Arsyad, bisa dilihat dari insiden jatuhnya crane di Masjidil Haram tahun lalu. Ada jamaah haji Indonesia menjadi korban. “Waktu insiden Mina sampai 120-an korbannya. Artinya jamaah haji kita ini banyak. Makanya terkait papan petunjuk sangat penting di tempat umum, masjid dan lokasi lainnya,” Arsyad menambahkan.

Anggota DPD Emma Yohanna sebelumnya mendorong penyelenggara haji serius melobi pemerintah Arab Saudi karena menurutnya, papan petunjuk berbahasa Indonesia di kota-kota perhajian masih minim. Padahal, jamaah haji Indonesia jumlahnya sangat besar dan latarbelakangnya sangat beragam. Diharapkan, banyaknya petunjuk berbahasa Indonesia akan memudahkan mereka dalam beribadah. “Di Madinah tidak kami temui. Di Masjidil Haram (Makkah) baru ada petunjuk layanan khusus disabilitas,” jelas Emma.

Pantauan di lapangan, petunjuk berbahasa Indonesia berupa tulisan maupun atribut bendera sudah dipasang di beberapa sudut Kota Makkah. Hanya saja, jumlahnya memang masih kalah jika dibandingkan dengan petunjuk arah atau tempat yang menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Kendati demikian, hal ini disiasati PPIH dengan menempatkan para petugas haji di titik-titik strategis seperti area Masjidilharam, halte bus Shalawat, pemondokan, dan Armina.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x