Image

Para Profesor Indonesia Diterjunkan ke Tanah Suci

MAKKAH - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menerjunkan para profesor serta ulama ke kantong-kantong jamaah haji di Makkah, guna memberikan bimbingan.

Mereka adalah Prof Dr H Abdurrahim Yunus MA, Dr H Sunanadar Ibnu Nur, M.Ag, KH Ikhsanudin Abdan, Prof Dr H Aswadi MA, Prof Dr H Mundzir Suparta, dan Prof Dr HM Ali Attamimy, MA. Langkah ini sengaja diambil guna memastikan kesempurnaan ibadah para jamaah haji.

"Materi terpenting untuk jamaah haji adalah keabsahan dan keselamatan. Berangkat dari rumah selamat dan pulang mabrur. Inti ibadah adalah keabsahan dan keselamatan, bukan afdholiyahnya," ujar Prof Dr H Aswadi MA saat memberikan bimbingan manasik haji kepada ratusan jamaah haji di Dar Hadi Hotel, Makkah, Kamis (25/8/2016).

Secara bergantian Prof Aswadi dan KH Ikhsanudin Abdan memberikan pencerahan terkait teknis manasik haji serta filosofi di balik perintah haji. Di antaranya tentang kapan dan di mana niat haji dibaca, apa saja yang dilakukan saat wukuf, mabit di Mina dan Mudzalifah tata cara melempar jumrah, serta mekanisme menjamak salat. Pendek kata, rukun haji dan wajib haji seluruhnya dikupas habis dari berbagai sisi.

"Jamaah sudah sangat paham manasik haji, kita tinggal tadzkirah saja, kita berikan tips-tips saja," ulasnya.

Para jamaah pun tampak menyimak dengan seksama setiap pemaparan yang diberikan. Sesi bimbingan haji ditutup dengan termin tanya jawab dan doa. Para jamaah pun antusias melontarkan pertanyaan yang dijawab dengan cekatan oleh para konsultan pembimbing haji.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x