Bukti Cinta untuk Mendiang Adik dari Tanah Suci

Sutrisno (Foto: Saifulloh/Okezone)

Sutrisno (Foto: Saifulloh/Okezone)

MAKKAH – Ikatan batin Sutrisno dan adiknya, Suparno rupanya tak putus meski maut telah memisahkan. Kabar duka itu datang tepat pada Jumat 2 September dari Semarang saat Sutrisno sudah berada di tanah suci untuk melakoni rukun Islam kelima. Sedih, tapi itulah takdir Ilahi.

Apalagi, sebelum Sutrisno berangkat ke tanah suci, sang adik yang saat itu sakit sempat melontarkan keinginannya untuk berhaji.

"Bilangnya, 'Mas saya ingin seperti panjenengan (kamu)'. Terus saya bilang sembuh dulu nanti daftar, terus nanti berangkat haji. Kalau daftar sekarang saja menunggu 20 tahun, tapi kalau ada rezeki umrah dulu saja," ujar Sutrisno menceritakan percakapannya dengan sang adik, di Masjidil Haram, beberapa waktu lalu.

Sebagai bukti cinta kepada sang adik yang lebih dulu menghadap Ilahi, Sutrisno kini bertekad untuk membadalkan haji atau berhaji untuk orang lain. Syarat untuk itu pun sudah terpenuhi lantaran Sutrisno sebelumnya sudah pernah berhaji.

"Makanya sekarang saya mau membadalkan dia. Saya tafsirkan pesan terakhir dia itu sebagai amanat. Semoga dia bisa diterima hajinya dan diberikan tempat yang mulia di sisi Allah SWT," harapnya.

(aky)
Live Streaming
Logo
breaking news x