Puncak Haji Usai, Jamaah Bersiap Pulang & Dimobilisasi ke Madinah

Menteri Agama, Lukman Hakin Saifuddin (Foto: Okezone)

Menteri Agama, Lukman Hakin Saifuddin (Foto: Okezone)

JEDDAH - Posisi jamaah haji Indonesia masih berada di kota Makkah dan sebagian bersiap menempuh perjalanan kembali Madinah untuk menyelesaikan ibadah sunah Arbain (salat 40 waktu tanpa putus di Masjid Nabawi).

"Jamaah kita telah meninggalkan Mina. Data ternyata lebih banyak yang memilih nafar awal. 62,7% dari total jamaah haji reguler itu menempuh nafar awal, sementara sisanya 37,3% mengambil nafar tsani. Seluruhnya sekarang Alhamdulillah sudah berada di Makkah," terang Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin sebelum bertolak ke tanah air, Jumat (16/09/2016) waktu Arab Saudi.

Menag yang didampingi Dirjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Abdul Djamil dan Irjen Kemenag M Jasin merinci, gelombang pertama dan kedua sedang mempersiapkan untuk menjalani tahapan selanjutnya dalam proses penyelenggaraan haji.

Gelombang pertama sedang bersiap untuk kembali ke Tanah Air yang akan dimulai pada Sabtu, 17 September. Bagi gelombang kedua, beberapa hari ini masih tinggal di Makkah dan selanjutnya akan bertolak menuju ke Madinah. Pergerakan dimulai pada 22 September dan secara berangsur mereka akan menuju Madinah untuk tinggal sekitar 8 – 9 hari guna menjalani Arbain. Lalu, bertolak ke tanah air dari bandara Madinah.

"Kita menempuh persiapan yang lebih dini. Seluruh pemeriksaan bagasi dan penimbangan sudah dilakukan di hotel masing-masing, 24 jam sebelum keberangkatan. Hal ini dimaksudkan agar proses pemulangan di bandara bisa dipersingkat," tegas Menag.

(kha)
Live Streaming
Logo
breaking news x