facebook pixel

Barang Kosong, Ada Konsumen yang Inden Honda PCX hingga Setahun

Honda PCX (Foto: Okezone)

Honda PCX (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) memasarkan produk maxi scooter PCX di Indonesia sejak Juni 2010. Skuter matik (skutik) ini diproduksi di Vietnam dan didatangkan ke Indonesia dalam bentuk utuh (completely built up/CBU).

Karena PCX merupakan produk CBU, maka konsumen harus menunggu untuk mendapatkannya. Saat ini AHM memasarkan PCX 300-400 unit per bulan di pasar nasional.

Kesulitan mendapatkan skuter 150 cc ini juga dirasakan Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang. Head of Marketing WMS Ario mengungkapkan bahkan ada konsumen yang harus menunggu selama setahun untuk mendapatkan PCX.

"Ada satu konsumen yang inden sampai setahun. Karena waktu itu barangnya enggak ada. Tapi kalau sekarang indennya hanya dua bulan sampai tiga bulan saja. Untuk Jakarta dan Tangerang saja, PCX kami dari Janauri-Agustus 2016 sudah terjual 450 unit," papar Ario, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, pihaknya kesulitan menentukan rata-rata penjualan PCX per bulan karena tidak ada waktu yang pasti mengenai pengiriman unit. Bahkan, di awal tahun pihaknya sempat tidak mendapat kiriman PCX.

Pasca-perhelatan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) Juni-Juli lalu, pihaknya mendapat kiriman unit cukup banyak. Ini untuk menekan daftar inden karena pemesanan di JFK cukup banyak. Pada September atau Oktober WMS mendapat jatah 150 unit.

"Sejak habis JFK stok kami agak banyak. Jadi kalau mau dibilang rata-ratanya berapa, bisa dibilang PCX enggak ada patokannya. Kalau ada barang baru kami bisa jualan. Bisa dibilang kurang barang jadinya inden," ungkapnya.

Di segmen maxi scooter 150 cc, saingan terdekat PCX adalah Yamaha NMax. Bisa dibilang, pertarungan saat ini dimenangkan oleh NMax. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan, penjualan rata-rata NMax per bulan pada semester I-2016 mencapai 19.500 unit, sedangkan PCX hanya 400 unit.

Ada banyak faktor yang memengaruhi perbedaan penjualan dua skutik ini. Hal yang paling kentara adalah perbedaan harga yang terpaut jauh. Honda PCX dibanderol Rp39,8 juta on the road (OTR) Jakarta, sedangkan NMax non-ABS Rp24 juta dan NMax ABS Rp27,4 juta OTR Jakarta.

(ton)
​