facebook pixel

Ini Risiko Mengganti Pelek Mobil LCGC Jadi Lebih Besar

Mengganti pelek mobil MPV LCGC maksimal hanya boleh 2 inci lebih besar dari standarnya (Okezone)

Mengganti pelek mobil MPV LCGC maksimal hanya boleh 2 inci lebih besar dari standarnya (Okezone)

JAKARTA - Mengganti pelek menjadi jurus ampuh untuk mempercantik tampilan mobil LCGC, termasuk jenis LCGC seperti Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Meski demikian, mengganti pelek standar yang hanya 14 inci dengan diameter lebih besar memiliki risiko.

Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemilik mobil LCGC jika mengganti pelek.

"Untuk Sigra, 16 inci itu maksimal. Intinya, yang dilihat itu besaran diameter total (pelek ditambah ban). Jadi, kalau ganti pelek 17 inci misalnya, maka bannya harus semakin tipis. Tapi maksimal cuma boleh naik 2 inci dari standarnya," tegasnya.

Bagaimana dengan LCGC Datsun GO+ Panca? Punggawa Signal Custom Andre Mulyadi mengatakan mengganti pelek memang cukup ampuh mengangkat tampilan mobil. Namun penambahan ukuran pelek juga harus disesuaikan dengan ukuran bodi.

Untuk penggantian pelek menjadi 16 inci masih terbilang sesuai sehingga tidak perlu mengganti fender. Namun jika penambahan mencapai 3 inci, maka pemilik harus menyesuaikan dengan menambahkan wide body.

"Kalau pelek sih sebenarnya bergantung selera (modelnya). Hanya saja, dengan kondisi fender standar dan enggak di-wide body, bisa naik hanya 2 inci. Kalau misalnya dari 14 inci berarti ke 16 inci," tukasnya.

(ton)
​