facebook pixel

Bahaya Menggunakan Rok Panjang saat Mengendarai Motor

Ilustrasi pengendara motor (Okezone)

Ilustrasi pengendara motor (Okezone)

JAKARTA - Mengendarai sepeda motor dibutuhkan konsentrasi penuh agar aman di jalan raya. Tidak hanya itu, ketika mengendarai sepeda motor pakaian juga harus diperhatikan. Gunakan pakaian yang sekiranya membuat pengendara nyaman, jangan menggunakan rok panjang.

Meilana Laissegar, selaku ketua harian komunitas bikers wanita 'Women on Wheels (WOW), mengatakan sesungguhnya menggunakan rok panjang saat mengendarai sepeda motor sangat berbahaya.

"Kalau mengembang takutnya masuk ke roda, itu yang dikhawatirkan. Sebenarnya naik kendaraan itu yang utama safety-nya. Kalau tidak safety, itu bahayanya kena ke pengemudi dan orang lain juga," katanya saat berkunjung ke Newsroom Okezone, Rabu (21/9/2016).

Umumnya perempuan berhijab yang sering telihat menggunakan rok panjang ketika mengendarai sepeda motor. Namun menurut Inge Widjaja, ketua umum WOW, pemakaian rok bisa digantikan dengan celana panjang yang tentunya sudah dilengkapi dengan protektor untuk kemanannya.

"Member kami juga ada yang pakai hijab, berdasarkan pengalaman teman-teman yang pakai hijab, yang terpenting itu safety. Rata-rata mereka memakai pakaian yang membuat diri mereka sesimpel mungkin, namun tetap menutup aurat. Penggunaan celana pun harus ada protektor di dengkul dan bagian belakang, tapi kalau yang paling wajib itu helm," jelas Inge. (san)

(ton)
​