facebook pixel

Seberapa Penting Safety Riding bagi Pengendara Motor

Pelatihan Safety Riding (Foto: Okezone)

Pelatihan Safety Riding (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mengikuti pelatihan safety riding itu wajib hukumnya bagi pengendara sepeda motor untuk menciptakan kesadaran dalam berlalu lintas di jalan raya dan meningkatkan keselamatan diri sendiri.

Inge Widjaja, ketua umum Women On Wheels (WOW), menjelaskan bahwa melalui pelatihan safety riding banyak hal yang dipelajari salah satunya mengenal sepeda motor.

"Kalau kita hanya bisa mengendarai motor belum tentu bisa menguasai. Biasanya itu kita rasakan saat membawa kendaraan, karena kondisi jalan kita enggak pernah tahu seperti apa," kata Inge saat berkunjung ke Newsroom Okezone.

Dalam pelatihan safety riding diajarkan juga cara melakukan pengereman yang benar dan aman. Menurut dia beda motor beda pula teknik pengereman.

"Khususnya Harley Davidson itu enggak bisa sekali rem langsung berhenti, direm sekarang bisa-bisa 40 meter kemudian baru berhenti. Jadi harus belajar, enggak bisa asal mengendarai sepeda motor saja," terang Inge.

Di samping itu, Inge juga mengutarakan dengan mengikuti pelatihan safety riding bisa mengubah pola pikir dan menuntut agar selalu fokus saat berada di jalan raya.

"Untuk pembelaan diri kita sendiri yaitu pertama mindset. Kalau kita berpikir jatuh ya pasti jatuh tapi kalau kita berpikir bisa pasti bisa. Selain itu juga, jadi kalau pakai motor itu jangan dilihat aspal atau lubang tetap lihat depan dan pandangan luas," terang dia.

Jika sudah mengetahui safety riding, ia juga menyarankan untuk melengkapi tubuh dengan piranti keamanan. "Sebagai pendukung sehingga jadi percaya diri dan merasa aman. Kita tidak tahu kapan kecelakaan itu terjadi," pungkas Inge. (san)

(ton)
​