facebook pixel

Cara Aman Terhindar dari Begal Motor ala Komunitas Bikers Wanita

Ilustrasi begal motor (Okezone)

Ilustrasi begal motor (Okezone)

JAKARTA - Maraknya pencurian sepeda motor dengan kekerasan di jalan raya atau lebih dikenal dengan begal menuntut para pengendara sepeda motor, terutama kalangan perempuan yang kerap menjadi sasaran empuk, harus ekstra waspada.

Inge Widjaja, selaku ketua umum komunitas bikers perempuan Women On Wheels (WOW) mengatakan, banyak cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari begal.

"Ya sebenarnya kita bisa menghindari daerah rawan begal. Biasanya kami memberitahu ke member jangan lewat jalan itu pada jam-jam tertentu karena pernah terjadi pembegalan. Yang pasti kita harus berhati-hati bukan berarti takut tapi karena perlu waspada jadi ya ngapain juga lewat jalan yang sudah dilarang. Itu sama saja cari mati. Jadi sebaiknya jangan lewati jalan tersebut," terang Inge saat berkunjung ke redaksi Okezone.

Bila terpaksa harus melewati jalan tersebut ia menyarankan agar tidak sendirian. "Lebih baik melewatinya beramai-ramai," tambah Inge.

Bagaimana pun juga kejahatan di jalan raya bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, untuk itu Inge menyarankan supaya selalu berhati-hati, termasuk ketika melintas di jalan yang tidak rawan kejahatan sekalipun.

"Berusaha hati-hati tapi yang paling penting ya sebelum melakukan riding atau keluar rumah kita harus berdoa. Kami juga selalu ajarkan ke teman." pungkas dia. (san)

(ton)
​