Image

Benda-Benda Ini Ditemukan di Dasar Sumur Zamzam

MAKKAH – Sumur zamzam yang ditemukan sejak lebih dari 14 abad silam selalu menyimpan misteri yang hingga kini belum terpecahkan. Mulai dari debit airnya yang tak pernah kering meski diambil tanpa henti sepanjang tahun oleh jutaan jamaah haji dan umrah, hingga kandungan materi di dalamnya sehingga memiliki keistimewaan tersendiri. Satu hal lagi yang belum tuntas terjawab, beragam benda ditemukan di dasar sumur ini.

Benda-benda itu kini menjadi koleksi Museum Haramain yang berlokasi di wilayah Ummul Joud, Makkah. Tak hanya ihwal sumur zamzam, museum ini juga menampilkan sejarah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dari masa ke masa. Di Museum Haramain, semua seluk-beluk dua masjid ini tersaji indah dalam bingkai kaca. Cukup 30 menit, tak hanya masa lalu yang bisa dinikmati, bayangan masa depan dua masjid ini juga telah nyata dihadirkan. Semuanya dijamin keasliannya, bukan replika.

Begitu turun dari kendaraan, pagar tinggi dari tembok akan menyambut para pengunjung. Di balik tembok bercat krem yang kokoh langsung tersaji taman-taman indah dengan rumput dan pepohonan rindang memanjakan setiap mata yang memandang. Sebuah pemandangan langka di tanah suci yang gersang. Bangunan museum yang dikenal dengan The Exibithion of Two Holy Mosques Architecture ini cukup besar dengan pilar-pilar yang kokoh di bagian muka serta beberapa ruangan di dalamnya.

 

(Foto: Mohammad Saifulloh/Okezone)

Di salah satu ruangan tersaji lengkap seluk belum mengenai sumur zamzam. Mulai dari perubahan fasilitas pendukungnya dari masa ke masa hingga penjelasan mengenai sumur itu sendiri. Pernak-pernik lain mengenai sumur zamzam juga tersaji, seperti benda-benda yang ditemukan di dasar sumur. Terhitung ada 60 benda menyerupai logam uang koin beraneka warna yang ditemukan di dasar sumur Zamzam ketika dilakukan proses pembersihan.

Saat Okezone bersama tim Media Center Haji berkunjung ke museum, logam-logam tersebut ditempatkan di atas nampan dan ditutup menggunakan kaca. Tidak ada keterangan jelas dari mana asal benda-benda tersebut serta detail informasi lainnya. Yang jelas, di bawah etalase kaca tertulis bahwa benda-benda ini diambil dari dasar sumur zamzam.

Selain benda-benda temuan tersebut, terdapat koleksi lain yang berhubungan dengan air zamzam. Benda yang paling menarik perhatian pengunjung adalah cangkang sumur zamzam dari kayu yang disangga besi berdiameter cukup besar berikut timba besi, kerekan, dan tali pengikatnya.

(erh)
1 / 3
Live Streaming
Logo
breaking news x