Jurusan Unik Ini Cocok untuk Pecinta Musik

Foto: Okezone

Foto: Okezone

JAKARTA - Sekolah musik menjadi pilihan bagi para pelajar yang memiliki passion di bidang tersebut. Alasannya beragam, ada yang karena hobi menyanyi, pintar mengarang lagu, jago main alat musik, atau karena ingin menjadi pekerja musik di masa depan.

Berbagai kampus atau jurusan saat ini dapat menjadi alternatif untuk mewadahi pelajar yang ingin menggeluti dunia musik. Kendati demikian, terdapat beberapa jurusan unik yang tersedia di beberapa kampus dunia, namun cocok bagi si pecinta musik.

1. Beatles, Popular Music and Society

Dilihat dari namanya saja sudah jelas bahwa jurusan ini fokus mempelajari grup musik legendaris, The Beatles. Jurusan ini tersedia di Liverpool Hope University, Inggris. Mahasiswa pada jurusan ini akan mempelajari dan melakukan penelitian terkait pengaruh musik The Beatles dalam pembangunan identitas sosial, penonton, dan etnis, serta industri musik secara keseluruhan.

2. Popular Music

Jurusan ini tersedia di Anglia Ruskin University, Inggris. Butuh waktu selama tiga tahun untuk menjadi sarjana di jurusan ini. Mahasiswa jurusan Popular Music akan mempelajari musik populer melalui pertunjukan, teknologi musik dan produksi, serta dunia musik. Mereka juga akan mendalami sisi teoritis dari musik pop itu sendiri.

3. Popular Culture

Jurusan ini tidak spesifik di musik, namun mencakup semua sisi dunia hiburan. Mahasiswa akan mempelajari kehidupan masyarakat sehari-hari, dengan fokus kepada berbagai aspek budaya populer (TV, film, musik rock, buku-buku populer dan majalah, olahraga, liburan, festival, dan cerita rakyat). Jurusan ini tersedia di Bowling Green State University.

4. Bagpiping

Bagi yang ingin mahir memainkan alat musik unik, jurusan ini bisa menjadi pilihan. Kampus yang menyediakan jurusan ini, yakni Carnegie Mellon University. Mahasiswa akan mempelajari teknik alat musik bagpipe serta dasar-dasar musik secara komprehensif.

5. Terapi Musik

Musik yang didengar bisa mempengaruhi kondisi emosi seseorang. Jika kamu tertarik mempelajari dunia psikologi sekaligus pecinta musik, jurusan ini akan jadi pilihan tepat. Terapi musik mempelajari tentang kekuatan musik yang bisa mempengaruhi psikologi seseorang. Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi salah satu kampus yang menyediakan jurusan ini.

(sus)
breaking news x