Asia Mendominasi Kampus Termuda yang Mendunia

Foto: Wikipedia

Foto: Wikipedia

JAKARTA - Usia muda bukan bukan penghalang untuk meraih prestasi di kancah internasional. Hal itulah yang dibuktikan oleh sejumlah kampus terbaik dunia ini.

Meski usianya masih di bawah 50 tahun, namun kampus-kampus berikut ini sanggup bersaing dengan kampus terbaik dunia lainnya yang mungkin usianya sudah ratusan tahun.

Dinukil dari laman Top University, Rabu (21/9/2016). Inilah 10 kampus dunia termuda yang sudah berhasil masuk ke jajaran kampus kelas dunia.

Nanyang Techological University (TU)

Kampus yang terletak di Singapura ini sudah berhasil meraih posisi ke-13 sebagai kampus terbaik dunia. Padahal kampus ini baru dibangun pada 1991.

Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

Berada di posisi ke-36 pada rangking dunia, membuat HKUST menjadi salah satu kampus terbaik dunia. Kampus ini sendiri baru didirikan sejak 1991.

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

Korea Selatan (Korsel) patut bangga, pasalnya kampus yang baru didirikan sejak 1971 ini bisa meraih posisi ke-46 rangking dunia. Kampus ini juga menjadi kampus terbaik ke-6 di Asia.

City University of Hong Kong

Baru didirikan sejak 1984, kampus ini berhasil menduduki rangking dunia di posisi ke-4. Di posisi Asia sendiri, kampus ini berada diurutan ke-4.

Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

Didirikan oleh Park Tae Joon sejak 1986, kampus di Korsel ini membuktikan diri bahwa usia muda tidak menutup kemungkinan untuk berprestasi di kancah internasional. Terbukti dirinya berhasil meraih posisi rangking dunia di posisi ke-83.

The Hong Kong Polytechnic University

Kampus ini menjadi kampus terbaik dunia dengan menduduki posisi ke-111 dunia. Padahal kampus ini baru didirikan sejak 1972.

Maastricht University

Didirikan sejak 1976, kampus yang terletak di Belanda ini berhasil menduduki rangking dunia ke-173. Kampus ini memiliki jumlah siswa internasional sebanyak 7.376.

University of Technology, Sydney (UTS)

Salah satu kampus di Australia ini termasuk kampus yang terbilang muda. Pasalnya kampus ini baru dibangun pada 1988.

Universitat Autónoma de Barcelona

Kampus yang terletak di Spanyol ini juga menjadi kampus termuda yang berhasil menjajaki rangking dunia. Pasalnya kampus ini baru saja didirikan sejak 1968.

University of Antwerp

Didirikan sejak 2003, kampus yang terletak di Belgia ini menjadi kampus terbaik dunia. Karena kampus ini berhasil meraih posisi diurutan ke 209.

(sus)
breaking news x