Pamer Inovasi, Cara Kampus Perkuat Riset

Foto: Dok UGM

Foto: Dok UGM

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong hilirisasi inovasi di perguruan tinggi. Hal tersebut membuat kampus berlomba-lomba untuk melakukan riset dan penelitian, terutama dalam rangka menuju world class university.

Sebagai kampus yang aktif melakukan riset, Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar pameran hasil karya cipta di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa. Selain untuk memperkenalkan hasil karya UGM kepada masyarakat, pameran juga bertujuan memperkuat terobosan-terobosan di bidang ilmu pengetahuan.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UGM, Prof Ir Dwikorita Karnawati, MSc, PhD mengatakan, UGM sebagai lembaga perguruan tinggi mendapatkan mandat untuk berkontribusi dalam peningkatan daya saing dan kesejahteraan bangsa. Salah satunya dengan mengembangkan produk-produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Misalnya saja di bidang kesehatan telah melahirkan inovasi seperti stent jantung dan bio medical engineering dan masih banyak lainnya. Semuanya telah memasuki tahap hilirisasi ke industri," tuturnya dilansir dari laman UGM, Rabu (21/9/2016).

Dwikorita memaparkan, hilirisasi riset inovatif merupakan cara untuk mendukung pembangunan masyarakat. Sebab, implementasi riset yang baik dapat digunakan untuk mengelola kekayaan sumber daya alam Indonesia yang melimpah.

"Oleh karena itu, sudah selayaknya universitas bergandeng erat dengan pemerintah dan swasta saling bahu-membahu untuk mendukung daya saing bangsa," sebutnya.

Riset yang dihasilkan UGM sendiri, imbuh dia, harus berakar pada kehidupan masyarakat. Sehingga, inovasi dapat bermanfaat serta menciptakan kemandirian bangsa.

Pameran bertajuk 'Inovasi Membumi Untuk Negeri' itu sendiri berlangsung mulai 20-25 September di Graha Sabha Pramana (GSP) UGM. Para pengunjung dapat menyaksikan sejumlah produk riset terapan di bidang kesehatan, manufaktur, rekayasa, teknologi informasi dan komunikasi, agro, serta energi terbarukan, di antaranya, selang untuk penderita hidrosepalus (Ina Shunt), robot kapal tanpa awak, mobil listrik, dan masih banyak lainnya.

(sus)
breaking news x