Terapkan Kebijakan Full Day School, Solo Tunggu Keputusan Tertulis

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

SOLO - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menggulirkan wacana full day school. Bahkan Presiden Jokowi meminta agar program full day school diujicobakan di beberapa provinsi.

Terkait wacana tersebut Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo melalui Kepala Dinas Dikpora Solo, Etty Retnowati memilih menunggu hasil keputusan dari pusat terkait hal itu.

Bahkan sampai saat ini, ungkap Etty, belum ada pemberitahuan resmi secara tertulis, informasi baru diperoleh dari pemberitaan di media massa.

"Kita tetap menunggu keputusan tertulis dari pusat. Sampai saat ini belum ada (terkait pelaksanaan uji coba full day school)," jelasnya di Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/9/2016).

Karena belum menerima pemberitahuan secara tertulis maka Dikspora kota Solo juga belum mengetahui secara pasti apakah Solo menjadi salah satu kota yang akan ditunjuk sebagai salah satu lokasi uji coba full day school.

Namun jika itu benar, lanjut Etty, pihaknya merasa siap namun masih harus diperhatikan juga untuk mempertimbangkan kesiapan sekolah terkait sarana dan prasarana sekolah. Sehingga murid merasa nyaman selama berada di sekolah. Terutama untuk sekolah-sekolah negeri yang ada di Kota Solo.

"Ada beberapa sekolah negeri yang bisa (mampu) untuk pelaksanaan full day school. Namun tetap harus melihat kesiapan sekolah, terutama dari sisi sarana prasarana sekolah," papar Etty.

Pihaknya juga mengakui sekolah negeri di Kota Solo banyak yang belum siap untuk program full day school. Berbeda dengan sekolah swasta yang sejak awal sudah dikonsep untuk sistem full day school, bahkan dimulai dari tingkat SD sampai SMA.

(sus)
breaking news x