facebook pixel

Royal Enfield Suntik Mati Motor Electra Setelah 16 Tahun Diproduksi

Royal Enfield Electra (foto: Shifting Gear)

Royal Enfield Electra (foto: Shifting Gear)

NEW DELHI - Royal Enfield akan menghentikan produksi Electra setelah 16 tahun dipasarkan. Electra merupakan salah satu sepeda motor tertua dalam portofolio produk Royal Enfield.

Pertama kali masuk India pada 1995, Electra langsung menjadi primadona, terutama setelah Royal Enfield Inggris memberikan hak penggunaan merek untuk India di tahun yang sama.

Sebagai produk laris, tak heran jika Electra dipertahankan produksinya hingga 16 tahun. Motor ini menjadi tulang punggung salah satunya karena ditawarkan dengan harga cukup murah, yakni 1,23 lakh atau sekira Rp24 juta. Demikian seperti dikutip dari Shifting Gear, Kamis (22/9/2016).

Royal Enfield Electra memiliki dua pilihan mesin, yakni satu silinder empat katup berkapasitas 350 dan 500 cc. Sistem pembakaran internal mesin menggunakan dua busi sehingga hasil pembakarannya maksimal. Meski produksi akan dihentikan, Royal Enfield memastikan pemesanan Electra masih dilayani sesuai jumlah stok yang tersisa. Saat ini Royal Enfield dilaporkan tengah mengembangkan mesin baru untuk produk teranyarnya yang akan diluncurkan tahun depan.

Sebelumnya, produsen motor serumnpunnya, Bajaj, juga dilaporkan tengah mengembangkan produk motor klasik-modern. Kedua merek itu akan bersaing terutama di kelas 400-500 cc.

(ton)
​