facebook pixel

Mercy Siapkan Truk Canggih Saingi Produk Nikola

Mercedes Benz eTruck, kendaraan niaga bertenaga listrik dengan beragam fitur canggih (Carscoops)

Mercedes Benz eTruck, kendaraan niaga bertenaga listrik dengan beragam fitur canggih (Carscoops)

HANOVER – Produsen automotif Mercedes Benz tak hanya mengembangkan teknologi listrik dalam bentuk mobil penumpang, tetapi juga kendaraan komersial. Produk truk listrik bernama Mercedes Benz eTruck tersebut bakal melakukan debut di IAA International Commercial Vehicle Show di Hannover, Jerman, pada akhir September.

Seperti dilaporkan Carscoops, Kamis (22/9/2016), Mercedes Benz eTruck merupakan kendaraan niaga yang sepenuhnya didukung motor listrik. Ini menjadi langkah pabrikan Jerman tersebut untuk mengantisipasi rencana pelarangan kendaraan bermesin konvensional di jalan raya.

Truk ramah lingkungan ini didukung tiga motor listrik bertenaga 399 hp dan torsi 1.000 nm. Motor listrik didukung baterai three individual lithium-ion module bekapasitas 212 kwh. Dalam kondisi baterai penuh, mobil mampu melaju hingga 200 kilometer.

Seperti mobil penumpang dengan teknologi listrik, Mercedes Benz eTruck dilengkapi tiga mode berkendara yakni auto, agile, dan eco. Mode auto mengatur konsumsi energi sehingga kendaraan dapat menyelesaikan perjalanan tertentu tanpa kehabisan listrik.

Pada mode agile menyediakan daya maksimum yang diperlukan Mercedes Benz eTruck, seperti saat dikemudikan di daerah perbukitan. Sementara dengan mengaktifkan mode eco maka jumlah torsi dari dua motor listrik akan kurangi sehingga memaksimalkan jarak tempuh.

Mercedes Benz eTruck juga dilengkapi sistem telematika canggih yang mengintegrasikan truk, pengemudi, dan operator di pabrik atau lokasi pengiriman barang sehingga bisa diketahui perencanaan pengiriman dan perjalanan yang tepat.

Selain Mercedes Benz, produsen automotif Nikola Motors juga menghadirkan truk listrik. Kendaraan komersial tersebut dibekali motor listrik bertenaga 1.000 hp dengan dukungan baterai 320 kwh. Truk ini bahkan sudah mendapat pesanan hingga 7.000 unit.

(ton)