HISTORIPEDIA: Pembunuh Serial Billy The Kid Ditangkap dan Planet Neptunus Ditemukan

Sejarah Billy the Kid, penemuan Neptunus, dan Soviet ledakkan bom nuklir (Foto: Amazine/PBS)

Sejarah Billy the Kid, penemuan Neptunus, dan Soviet ledakkan bom nuklir (Foto: Amazine/PBS)

SETIAP hari terjadi berbagai peristiwa bersejarah. Pada hari ini, setidaknya ada tiga kejadian dan penemuan yang membuat heboh dunia. Di antaranya adalah penemuan planet Neptunus, Soviet pertama kali umumkan uji nuklir, dan Billy the Kid ditangkap.

Sebagaimana dilansir History, Jumat (23/9/2016), Okezone merangkum tiga momen bersejarah tersebut dalam berita berikut ini:

1. Planet Kedelapan Neptunus Ditemukan

Tepat hari ini, seorang astronom bernama Johann Gottri Gottfried Galle menemukan sebuah planet kedelapan yang disebut Neptunus. Planet tersebut ditemukan Galle di Berlin, Jerman.

Awalnya, lokasi planet baru tersebut ditemukan oleh seorang astronom Prancis, Urban-Jean-Joseph Le Verrier dengan mengkaji gangguan gravitasi dalam gerakan Uranus.

Pada September 23, 1846, Le Verrier akhirnya menginformasikan kepada Galle tentang penemuannya tersebut. Malam itu juga, Galle dan asistennya Heirinch Louis d’Arrest menelusuri informasi tersebut dan akhirnya  menemukan planet Neptunus di Berlin.

2. Soviet Ledakkan Bom Atom

Kabar mengejutkan datang dari Presiden AS ke-33, Harry S Truman. Ia  menginformasikan bahwa Soviet telah meledakkan bom nuklir. Kemajuan pesat Soviet dalam bidang militer lantas membuat panik Pemerintah AS. Padahal, AS berpikir bahwa Soviet membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan senjata nuklir.

Selama perang dunia kedua, AS beranggapan bahwa mereka adalah satu-satunya negara yang mampu menguasai teknologi bom nuklir. Senjata nuklir tersebut dikembangkan oleh AS selama akhir perang dunia kedua. Melalui kemajuan teknologi, AS akhirnya menang melawan Jepang dengan menjatuhkan dua bom nuklir ke Jepang pada Agustus 1945.

(FIK)
1 / 3
breaking news x