Satu WNI Sandera Abu Sayyaf Kembali Dibebaskan

Herman Manggak, sandera Abu Sayyaf asal Indonesia (Foto: Isimewa)

Herman Manggak, sandera Abu Sayyaf asal Indonesia (Foto: Isimewa)

ZAMBOANGA - Konsul Jenderal RI Davao Berlian Napitupulu resmi menerima seorang sandera yang telah dibebaskan Abu Sayyaf bernama Herman Manggak. Ia diterima pada hari ini Kamis 22 September pada pukul 17.00 waktu setempat di markas Wesmincom, Zamboanga, Filipina.

Setelah diterima, Herman akan ditangani oleh KJRI Davao untuk menjalani pemulihan trauma. Setelah itu, Herman akan dipulangkan bersama tiga sandera lainnya yang telah dibebaskan terlebih dahulu. Demikian sebagaimana informasi dari pihak Kemlu oleh Okezone, Kamis (22/9/2016).  

Herman Manggak adalah nelayan asal Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulses). Selama ini, ia bekerja di kapal ikan berbendera Malaysia. Saat melakukan pelayaran, Herman diculik oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Sabah, Malaysia pada 3 Agustus 2016.

Sebelum ini, tiga warga Indonesia yang diculik Abu Sayyaf bernama Lorence Koten (34), Theodorus Kopong (42), dan Emanuel (40) telah dibebaskan. Mereka ditangkap saat sedang berlayar menggunakan kapal ikan berbendera Malaysia di perairan Lahad, Datu Sabah. Mereka diculik pada oleh Abu Sayyaf pada 9 Juli 2016. 

(FIK)
breaking news x